Mar 2, 2005

Datang dan Pergi

Datang dan Pergi
Tadi malam nginap di Pondok Ripi. Entah mengapa aku merasa ada yang aneh dengan Ripi, dulu waktu aku kost di sana aku selalu ngerasa at Home. Sebagai sebuah kost-an aku selalu ngerasa ia punya jiwanya sendiri yang resah penuh pencarian. Tapi sekarang Ripi memang telah berubah, jika dulu di Ruang tengah banyak aktivis-aktivis LBHR yang mendiskusi kasus advokasi, anak-anak FAM UI yang rapat mempersiapkan agenda aksi di kamar sebelah, Anak-anak FMN yang asyik berdiskusi politik ekonomi Marxist di Oskar, mantan PRD yang berusaha membangun organisasinya kembali, kadang juga datang kawan-kawan dari buruh, nelayan dan petani. Semua berbicara politik secara bebas, sekarang mungkin kata politik menjadi sebuah kata yang paling sangat jarang di sebutkan di Ripi.
Mungkin juga Ripi telah ditinggalkan, aku sempat menghitung beberapa orang yang jarang berkunjung ke Ripi jumlahnya lumayan, sekitar 44 orang. Dan mereka semuanya aktivis dengan kategori A untuk kesadaran politik. Seandainya bisa bersatu bersama dengan jumlah sebanyak itu akan sangat banyak hal yang bisa dikerjakan. Memang terlalu naive untuk berpikir seperti itu. Semuanya punya keyakinan politik tertentu yang sangat kuat dan tegas.
Berbicara tentang yang pergi di Ripi juga ada yang datang. Tadi malam seorang kenalan lama datang berlibur dari Kampusnya di Jerman, ia mengambil jurusan Filsafat dan Sosiologi. ia mengambil 2 jurusan untuk masternya (tapi gak dihitung double degree). Ia lulus dari Filsafat UI beberapa tahun yang lalu, jadi untuk jurusan Filsafat di program S1-nya ia sudah dianggap menempuh setengah beban studi sehingga harus menempuh 1/2 bagian lagi untuk dianggap memenuhi syarat lulus setara S1 di Jerman. Baru kemudian ia mengambil beberapa mata kuliah untuk gelar master. Tapi di Jurusan Sosiologi ia harus berjuang keras memulai dari awal. Jurusannya sangat menarik, tapi sayangnya ia menjadi angkatan terakhir untuk jurusan tersebut.
Dapat informasi juga bahwa banyak negara bagian di Jerman yang mulai menggugat Undang-undang yang membebaskan biaya pendidikan di Jerman. Dalam beberapa kasus, negara bagian tersebut dimenangkan oleh pengadilan. Jadi ada kecenderungan akan dikenakan biaya pendidikan di Jerman. Organisasi Neo Nazi juga banyak yang memenangkan pemilihan-pemilihan lokal, tapi walaupun demikian ada usaha-usaha untuk menghalangi perkembanganya.
Berbicara tentang yang datang, di Ripi semua orang datang untuk meninggalkannya.

No comments: